Sanggar Pangsenebu Gelar Festival Rebana

25/08/11
BATUAMPAR- Sanggar Seni Pangsenebu didukung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam mengadakan Festival Rebana antar Majelis Taklim Se-Kota Batam. Acara ini digelar di Harbour Bay Mall, Minggu (11/7). Sebanyak 32 grup peserta Rebana ikut memeriahkan acara seni dan budaya itu.

Basri Buhari, tokoh budayawan yang membuka festifal tersebut mengatakan, acara seperti ini sangat langka untuk diperlombakan di Kota Batam. Sebab budaya masyarakat yang dikenal dengan rebana ini hanya terbatas digunakan saat acara resmi penyambutan tamu atau pejabat. Padahal, rebana memiliki nilai budaya dan seni tinggi untuk dikembangkan dan digalakan guna meningkatkan kegiatan kepariwisataan.


"Kegiatan ini sangat menarik untuk digelar dan dipertontonkan di depan umum. Rebana yang dimainkan 13 orang secara berkelompok juga memainkan seni dan lagu yang tidak kalah bersaing dengan budaya Melayu lainnya,"ucap Basri.

Kedepannya kata Basri festival seperti ini akan dipertunjukan dengan sistem yang terbaru lagi. Jika kali ini, kegiatan masih dimainkan sederhana dan grup rebana masih banyak dimainkan oleh ibu-ibu, nantinya kalau bisa wanita yang lebih muda memainkan rebana.

Kostum, irama dan nyanyi dalam rebana juga harus dimodifkasi agar kegiatan ini menjadi menarik dilihat para penonton.  "Kita berharap, festival ini berlangsung setiap tahunnya. Kegiatan ini sangat positif digelar untuk menarik minat wisatawan datang ke Batam,"tuturnya.

Di lansir dari Haluan kepri :
http://www.haluankepri.com/entertain/wisata/1945-sanggar-pangsenebu-gelar-festival-rebana-.html

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    mau cari tempat les tari/dance untuk anak,dimana alamat

Posting Komentar